Tujuan Pembelajaran:
-
Siswa dapat memahami
mengenai teori permintaan
-
Siswa dapat menerapkan
teori permintaan dalam kehidupan sehari-hari
TEORI PERMINTAAN
1. Teori
Permintaan
Permintaan
adalah keinginan konsumen membeli suatu barang pada berbagai tingkat harga
selama periode waktu tertentu. Singkatnya permintaan adalah banyaknya jumlah
barang yang diminta pada suatu pasar tertentu dengan tingkat harga tertentu
pada tingkat pendapatan tertentu dan dalam periode tertentu.
Faktor-faktor
yang mempengaruhi permintaan:
A.
Harga barang itu sendiri
Jika harga
suatu barang semakin murah, maka permintaan terhadap barang itu bertambah.
B.
Harga barang lain yang terkait.
Berpengaruh
apabila terdapat 2 barang yang saling terkait yang keterkaitannya dapat
bersifat subtitusi (pengganti) dan bersifat komplemen (penggenap).
C.
Tingkat pendapatan perkapita
Dapat
mencerminkan daya beli. Makin tinggi tingkat pendapatan, daya beli makin kuat,
sehingga permintaan terhadap suatu barang meningkat.
D.
Selera atau kebiasaan
Tinggi
rendahnya suatu permintaan ditentukan oleh selera atau kebiasaan dari pola
hidup suatu masyarakat.
E.
Jumlah penduduk
Semakin banyak
jumlah penduduk yang mempunyai selera atau kebiasaan akan kebutuhan barang
tertentu, maka semakin besar permintaan terhadap barang tersebut.
F.
Perkiraan harga di masa mendatang
Bila kita
memperkirakan bahwa harga suatu barang akan naik, adalah lebih baik membeli
barang tersebut sekarang, sehingga mendorong orang untuk membeli lebih banyak
saat ini guna menghemat belanja di masa depan.
G.
Distribusi pendapatan
Tingkat
pendapatan perkapita bisa memberikan kesimpulan yang salah bila distribusi
pendapatan buruk. Jika distribusi pendapatan buruk, berarti daya beli secara
umum melemah, sehingga permintaan terhadap suatu barang menurun.
H.
Usaha-usaha produsen meningkatkan penjualan.
Bujukan para
penjual untuk membeli barang besar sekali peranannya dalam mempengaruhi
masyarakat. Usaha-usaha promosi kepada pembeli sering mendorong orang untuk
membeli banyak daripada biasanya.
2. Hukum
Permintaan
Hukum permintaan
pada hakikatnya merupakan suatu hipotesis yang menyatakan :
“Hubungan antara barang yang diminta dengan
harga barang tersebut dimana hubungan berbanding terbalik yaitu ketika harga
meningkat atau naik maka jumlah barang yang diminta akan menurun dan sebaliknya
apabila harga turun jumlah barang meningkat.”
A. Kurva
Permintaan
Kurva
Permintaan dapat didefinisikan sebagai:
“Suatu kurva yang menggambarkan sifat hubungan
antara harga suatu barang tertentu dengan jumlah barang tersebut yang diminta
para pembeli.”Kurva permintaan berbagai jenis barang pada umumnya menurun dari
kiri ke kanan bawah. Kurva yang demikian disebabkan oleh sifat hubungan antara
harga dan jumlah yang diminta yang mempunyai sifat hubungan terbalik.
B. Teori
Permintaan
“Perbandingan lurus antara permintaan terhadap
harganya yaitu apabila permintaan naik, maka harga relatif akan naik,
sebaliknya bila permintaan turun, maka harga relatif akan turun.”
C. Faktor-faktor
yang dapat menggeser kurva permintaan
a.
Faktor harga barang yang diminta (barang itu
sendiri)
Perubahan
sepanjang kurva permintaan berlaku apabila harga barang yang diminta menjadi
makin tinggi atau makin menurun.
b.
Faktor bukan harga
Kurva
permintaan kan bergerak keka Perubahan sepanjang kurva permintaan berlaku
apabila harga barang yang diminta menjadi makin tinggi atau makin menurun.nan
atau kekiri apabila terdapat perubahan-perubahan terhadap permintaan yang
ditimbulkan oleh factor-faktor bukan harga, sekiranya harga barang lain,
pendapatan para pembeli dan berbagai faktor bukan harga lainnya mengalami
perubahan, maka perubahan itu akan menyebabkan kurva permintaan akan pindah ke
kanan atau ke kiri.
3. Teori Penawaran
Penawaran
adalah jumlah barang yang produsen ingin tawarkan atau jual pada bebrbagai
tingkat harga selama satu periode waktu tertentu. Faktor-faktor yang
mempengaruhi penawaran:
A.
Harga barang itu sendiri
Jika harga
suatu barang naik, maka produsen cenderung akan menambah jumlah barang yang
dihasilkan. Hal ini kembali lagi pada hokum penawaran.
B.
Harga barang lain yang terkait
Apabila harga
barang subtitusi naik, maka penawaran suatu barang akan bertambah, dan
sebaliknya. Sedangkan untuk barang complement, dapat dinyatakan bahwa apabila
harga barang komplemen naik, maka penawaran suatu barang berkurang, atau
sebaliknya.
C.
Harga faktor produksi
Kenaikan harga
faktor produksi akan menyebabkan perusahaan memproduksi outputnya lebih sedikit
dengan jumlah anggaran yang tetap yang nantinya akan mengurangi laba perusahaan
sehingga produsen akan pindah ke industry lain dan akan mengakibatkan
berkurangnya penwaran barang.
D.
Biaya produksi
Kenaikan harga
input juga mempengaruhi biaya produksi. Bila biaya produksi meningkat, maka
produsen akan menbgurangi hasil produksinya, berarti penawaran barang
berkurang.
E.
Teknologi produksi
Kemajuan
teknologi menyebabkan penurunan biaya produksi, dan menciptakan barang-barang
baru sehingga menyebabkan kenaikan dalam penawaran barang.
F.
Jumlah pedagang/penjual
Apabila jumlah
penjual suatu produk tertentu semakin banyak, maka penawaran barang tersebut
akan bertambah.
G.
Tujuan perusahaan
Tujuan
perusahaan adalah memaksimumkan laba buka hasil produksinya. Akibatnya tiap
produsen tidak berusaha untuk memanfaatkan kapasitas produksinya secara
malksimum, tetapi akan menggunakannya pada tingkat produksi yang akan
memberikan keuntungan maksimum.
H.
Kebijakan pemerintah
Kebijakan
pemerintah untuk mengurangi komoditas impor menyebabkan supply dan keperluan
akan kebutuhan tersebut dipenuhi sendiri sehingga dapat meningktakan penawaran.
4. Hukum Penawaran
“Semakin tinggi
harga suatu barang, semakin banyak jumlah barang tersebut akan ditawarkan oleh
para penjual. Sebaliknya, makin rendah harga suatu barang, semakin sedikit
jumlah barang tersebut yang ditawarkan.”
5. Kurva Penawaran
Kurva penawaran
dapat didefinisikan sebagai:
“Yaitu suatu
kurva yang menunjukkan hubungan diantara harga suatu barang tertentu dengan
jumlah barang tersebut yang ditawarkan”.
A.
Kalau penawaran bertambah diakibatkan oleh
faktor-faktor di luar harga, maka supply bergeser ke kiri atas.
B.
Kalau berkurang kurva supply bergeser ke kiri
atas.
C.
Terbentuknya harga pasar ditentukan oleh
mekanisme pasar.
Faktor-faktor yang dapat menggeser kurva
penawaran:
A.
Kalau penawaran bertambah diakibatkan oleh
faktor-faktor di luar harga, maka supply bergeser ke kiri atas.
B.
Kalau berkurang kurva supply bergeser ke kiri
atas.
C.
Terbentuknya harga pasar ditentukan oleh
mekanisme pasar.
6. Keseimbangan
Permintaan Dan Penawaran
Dalam ilmu
ekonomi, harga keseimbangan atau harga ekuilibrium adalah harga yang terbentuk
pada titik pertemuan kurva permintaan dan kurva penawaran. Terbentuknya harga
dan kuantitas keseimbangan di pasar merupakan hasil kesepakatan antara pembeli
(konsumen) dan penjual (produsen) di mana kuantitas yang diminta dan yang ditawarkan
sama besarnya. Jika keseimbangan ini telah tercapai, biasanya titik
keseimbangan ini akan bertahan lama dan menjadi patokan pihak pembeli dan pihak
penjual dalam menentukan harga.
Dengan kata
lain Harga keseimbangan adalah harga dimana baik konsumen maupun produsen
sama-sama tidak ingin menambah atau mengurangi jumlah yang dikonsumsi atau
dijual. Permintaan sama dengan penawaran. Jika harga dibawah harga
keseimbangan, terjadi kelebihan permintaan. Sebab permintaan akan meningkat,
dan penawaran menjadi berkurang. Sebaliknya jika harga melebihi harga
keseimbangan, terjadi kelebihan penawaran. Jumlah penawaran meningkat, jumlah
permintaan menurun.
7. Perubahan
Keseimbangan Pasar
Perubahan
keseimbangan pasar terjadi bila ada perubahaan di sisi permintaan dan atau
penawaran. Jika faktor yang menyebabkan perubahan adalah harga, keseimbangan
akan kembali ke titik awal. Tetapi jika yang berubah adalah faktor-faktor
ceteris paribus seperti teknologi untuk sisi penawaran, atau pendapatan untuk
sisi permintaan, keseimbangan tidak kembali ke titik awal.
A.
Jika harga berubah, terjadi kelebihan penawaran
yang menyebabkan harga turun kembali ke Po.Titik keseimbangan tetap Eo.
B.
Kurva penawaran bergeser ke kanan karena
perubahan teknologi. Titik keseimbangan bergeser dari Eo ke E1.
C.
Kurva permintaan bergeser ke kanan karena
perubahan pendapatan. Titik keseimbangan bergeser dari Eo ke E1.
Contoh Soal
1. Jika diketahui
fungsi permintaan 2000-40Q dan fungsi penawaran -600 +40Q. Tentukan
keseimbangan pasarnya?
Jawab :
Pd = 2000 – 40Q, Ps = -600 + 40Q
Pd = Ps
2000 – 40Q =
-600 + 40Q
2000 + 600 =
40Q + 40Q
2600 =
80Q
Q =
2600 : 80
Q =
20 Pd = 2000 – 40Q
= 2000 – 40
(20)
= 2000-800
= 1200
Jadi, keseimbangan pasar pada harga Rp.1200
- Pada saat harga durian Rp. 4.000 perbuah toko A hanya mampu menjual Durian sebanyak 100 buah, dan pada saat harga durian Rp. 5.000 perbuah toko A mampu menjual Durian lebih banyak menjadi 200 buah. Dari kasus tersebut buatlah fungsi penawarannya ?
Jawab :
Dari soal diatas diperoleh data sebagai berikut
:
P1 = 4.000 Q1 = 100
buah
P2 = 5.000 Q2 = 200
buah
Langkah selanjutnya, kita memasukan data-data
diatas kedalam rumus persamaan linear a:
(P –
4.000)(100) = (Q – 100) (1.000)
100P – 400.000 = 1.000Q – 100.000
1.000Q = -400.000 + 100.000 + 100P
1.000Q = -300.000 + 100P
Q = 1/1000 (-300.000 + 100P )
Q = -300 + 0.1P
Jadi, dari kasus diatas diperoleh Fungsi
penawaran : Qs = -300 + 0,1Pd
3. Diketahui :
Ditanya : kurva permintaan & penawaran
Jawab :
Dari tabel di atas bisa dibuat grafik. Kurva
permintaan ini memiliki kemiringan (slope) negatif atau bergerak dari kiri atas
ke kanan bawah. Artinya apabila harga jeruk turun, jumlah barang yang diminta
bertambah atau sebaliknya (ceteris paribus).
Berikut adalah kurva permintaan Buah Jeruk :
Kurva Penawaran
Kurva penawaran
mempunyai kemiringan positif artinya variable – variabelnya bekerja dalam arah
yang sama. Kurva penawaran miring dari kiri bawah ke kanan atas.
Untuk membuat
kurva penawaran kita gunakan tabel yang ada sebelumnya. Dibawah ini adalah
kurva penawaran yang bergerak dari kiri bawah ke kanan atas. Kurva penawaran
mempunyai slope positif, artinya jumlah barang yang ditawarkan berbanding lurus
dengan harga barang. Semakin tinggi harga, semakin banyak jumlah barang yang
ditawarkan.
0 comments:
Post a Comment