Tujuan Pembelajaran:
-
a. Siswa dapat memahami
mengenai konsep dasar manajemen
-
b. Siswa dapat mengetahui
tujuan akuntansi manajemen
Konsep Dasar Akuntansi Manajemen
Penyatuan bagian manajemen
yang mencakup, penyajian dan penafsiran informasi yang digunakan untuk
perumusan strategi, aktivitas perencanaan
dan pengendalian, pembuatan keputusan, optimalisasi penggunaan sumber daya, pengungkapan kepada pemilik dan pihak luar, pengungkapan kepada pekerja, pengamanan asset. sumber: Chartered Institute of Management Accountant (1994:30)
2. Sistem Akuntansi Manajemendan pengendalian, pembuatan keputusan, optimalisasi penggunaan sumber daya, pengungkapan kepada pemilik dan pihak luar, pengungkapan kepada pekerja, pengamanan asset. sumber: Chartered Institute of Management Accountant (1994:30)
Suatu
sistem informasi yang menghasilkan suatu kesimpulan atau output atau informasi
yang menggunakan data yang ada serta proses-proses yang diperlukan dalam
memenuhi hasil akhir tertentu dari suatu manajemen. Proses-proses yang dimaksudkan di
sini adalah berbagai kegiatan seperti pengumpulan, pengukuran, penyimpanan,
analisis, pelaporan, dan pengelolaan informasi. Sedangkan Hasil informasi atau
kesimpulan dapat berupa laporan khusus, harga pokok produk, biaya
pelanggan, anggaran, laporan kinerja, dan komunikasi personal.
3. Fungsi informasi manajemen
Fungsi dari hasil informasi yang
sudah ada di dalam manajemen ada beberapa hal yang bisa di rumuskan
yaitu :
1. Merumuskan strategi.
2. Proses perencanaan dan pengendalian.
3. Pengambilan keputusan.
4. Optimalisasi keputusan.
5. Pengungkapan pemegang saham dan
pihak luar.
6. Pengungkapan entitas organisasi bagi
karyawan.
7. Perlindungan atas asset organisasi.
4. Tujuan sistem akuntansi manajemen
Secara umum tujuan dari sistem akuntansi managemen adalah
:
- Memberikan informasi yang dibutuhkan untuk penghitungan harga pokok jasa, produk, dan tujuan lain yang diinginkan manajemen
- Memberikan informasi yang dibutuhkan untuk perencanaan, pengendalian, pengevaluasian, dan perbaikan berkelanjutan
- Memberikan informasi untuk pengambilan keputusan.
5.
Informasi akuntansi manajemen
Informasi akuntansi manajemen dibagi menjadi 3 jenis berdasarkan hubungannya .
yaitu:
- Informasi akuntansi penuh (Full Accounting Information) yang berfungsi untuk penyajian informasi secara penuh contohnya untuk informasi produk, departemen.
- Informasi akuntansi diferensial (Differential Accounting Information) untuk menunjukkan perbandingan sehingga menghasilkan suatu alternative atau pilihan lain.
- Informasi akuntansi pertanggungjawaban (Responbility Accounting Information) sebagai misal informasi pertanggungjawaban dari wewenang manajer.
6. Pengembangan proses akuntansi
managemen dapat
menggunakan metode :
- Flatening struktur manajemen merupakan proses penyederhanaan struktur.
- Menggunakan cross fungsional team merupakan proses saling isi menurut keahlian dan kekuatan antara tim yang terlibat.
0 comments:
Post a Comment